DPP AJH & DETEKSI.co

Lampu Penerang Jalan Menuju Pelabuhan Belawan Harus Terpasang Seperti Kota Dubai

Editor: DETEKSI.co author photo

DETEKSI.co - BELAWAN, Detik - detik malam pergantian Tahun Baru 2021, mengingat Belawan adalah Kota Pelabuhan dimana penerangan lampu jalan dikala malam tiba Jalan Pelabuhan Raya masih keadaan gelap gulita mulai dari simpang puntung pintu Tol Belawan Kelurahan Belawan Bahari hingga depan dermaga Belawan Internasional Container Terminal (BICT) Jalan Pelabuhan Gabion (TPK).

Menurut Frans yang kesehariannya di Pelabuhan Belawan mengatakan ketika malam hari sekira pukul 19.00 WIB Jalan Pelabuhan Raya mulai dari simpang puntung pintu Tol Belawan hingga dermaga Terminal Peti Kemas (TPK) - Belawan Internasional Container Terminal (BICT) Jalan Pelabuhan Gabion lampu jalan sudah gelap.

"Yakin aku kalau malam jam tujuh gak ada lampu jalan pasti sudah gelap" katanya beberapa waktu lalu.

Menurut pantauan wartawan, apabila malam hari disepanjang Jalan Pelabuhan Raya tersebut masih gelap hingga kini dibeberapa titik belum adanya penerangan lampu, dimana menurut Frans disinyalir dapat menimbulkan kecelakaan.

"Kalau memang pas ada dia jalan (kontainer) ada yang nyelip gak nampak kalau udah kenak blindspot rawan kecelakaan juga tuh cemana mau dikatakan sopir tak melihat dia lewat pas pula di bawah kepala itu kan gak bisa nampak lewat aja dia pun jalan nabrak juga kan gitu"sambung Frans lagi.

Senada hal itu, pengamat pelabuhan Rizal Rahman selaku Ketua LPK ( Lembaga Pelatihan Kerja) Persatuan Pengurusan Transportasi logistik Pelabuhan Indonesia mengatakan bahwa masalah penerangan lampu di Pelabuhan Belawan juga dapat memicu tindakan kriminal terjadi.

"Jadi masalah penerangan penerangan mulai dari tol kampung salam hingga gabion akibat akibat itu juga mungkin, makanya banyak tindakan kriminal yang muncul akibat gelap "kata Rizal.

"Harusnya kalau dibuat pinggiran jalan mulai dari ujung tol mulai dari ujung sana (Jalan Pelabuhan Gabion-red) kiri kanan lampu semua, cantik kan teraaang semua" katanya.

Ditambah Rizal, jika dibuat penerangan sepanjang pinggiran jalan mulai dari ujung tol hingga depan dermaga Terminal Peti Kemas (TPK) - Belawan Internasional Container Terminal (BICT) maka Kota Belawan Meriah seperti Kota Dubai.

"Jadi meriah kan, jadi kayak kota wisata juga kayak dubai,  kalau kita masuk ke jalan tol, kita lihat lah kiri kanan terang semua, ini padahal kalau lah dibuat lampu semua terang semua, lawa lawa pun agak mikir karena dia terang, nampak dia, akan ada rasa khawatir untuk bertindak kejahatan."ujarnya.

"kalau dibuat lampu depo depo pun tidak bisa beralasan dia karena udah terang kok" imbuhnya lagi.

Harapan Rizal mewakili Masyarakat Belawan supaya lebih terang sehingga tindak kriminal itu berkurang karena memang Jika suasa terang akses ke belawan itu mudah. Dan agar Pemerintah Daerah itu memikirkan bahwa ini memang harus dibuat jadi penerangan.

"Masyarakat Belawan pun semangat 45 ini saya yakin kali senang, apa gak senang masuk dia jalan ke sana terang mulai dari simpang tol kampung salam bikin lampu kiri kanan semua terang meriah gitu tindak kriminal juga orang berpikir karena terang kita dambakan masyarakat seperti Kota dubai, kita ingin perubahan" ungkapnya kembali, Kamis(31/12/2020)

Terpisah, Menurut Camat Medan Belawan Ahmad Sp menjelaskan bahwa karena Belawan ini sudah semakin tinggi nilainya dengan adanya kapal begitu juga dengan penambahan dermaga. Menurutnya alangkah baiknya berbuat hal hal untuk masyarakat itu sendiri untuk menerangi jalan agar tampak berseri(megah), dan tinjauan masyarakat dari luar pun tidak merasa takut lagi seperti yang terjadi di sepanjang jalan pelabuhan raya tersebut.

"Itu sudah lama, jalan dibangun oleh PT. Pelindo, karena PT. Pelindo itu merupakan BUMN sehingga pemerintah tingkat kota Medan tidak bisa memasukkan anggaran ke situ. BUMN itu adalah salah satu sektor pemerintahan juga. Kita harapkan dan  sarankan supaya PT. Pelindo menerangi jalan agar tidak terjadi kecelakaan sudah beberapa kali dibilang. kita berharap pada PT. Pelindo agar segera mungkin memasang lampu jalan." Ujar Ahmad Sp.

Sementara itu, Asisten Manager Hukum Dan Humas Pelindo I BICT Tengku Irfansyah dikonfirmasi melalui pesan singkat What's app hingga berita ini diturunkan belum dapat menjawab. (Usman)

Share:
Komentar

Berita Terkini